Bahasa Indonesia

Selasa, 02 Oktober 2012

Bahasa dalam Kamus Bahasa Indonesia, merupakan sistem lambang bunyi berartikulasi yang bersifat sewenang-wenang dan konvensional yang dipakai sebagai alat komunikasi untuk melahirkan perasaan dan pikiran.
Dari pengertian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian bahasa mencakup empat hal. Pertama, sistem lambang bunyi yang sewenang-wenang (arbitrer). Kedua, alat komunikasi. Ketiga, simbol bunyi yang memiliki arti serta makna. Keempat, digunakan oleh masyarakat untuk berinteraksi.
Karangan ilmiah adalah salah satu jenis karangan yang berisi serangkaian hasil pemikiran yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya. Bahasa dalam tulisan ilmiah mempunyai fungsi yang sangat penting, karena bahasa merupakan alat komunikasi, dalam hal ini sebagai media pengungkap gagasan penulis. Sesuai dengan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara, bahasa Indonesia mempunyai peranan penting dalam pengungkapan suatu karangan hasil penelitian, pengamatan, ataupun peninjauan ilmiah.


Fungsi bahasa secara umum:
Fungsi umum bahasa indonesia adalah sebagai alat komunikasi sosial. Bahasa pada dasarnya sudah menyatu dengan kehidupan manusia. Aktivitas manusia sebagai anggota masyarakat sangat bergantung pada penggunaan bahasa masyarakat setempat. Gagasan, ide, pikiran, harapan dan keinginan disampaikan lewat bahasa.
Selain fungsi bahasa diatas, bahasa merupakan tanda yang jelas dari kepribadian manusia. Melalui bahasa yang digunakan manusia, maka dapat memahami karakter, keinginan, motif, latar belakang pendidikan, kehidupan sosial, pergaulan dan adat istiadat manusia.

Menurut Sumiati Budiman (1987 : 1) mengemukakan bahwa fungsi bahasa dapat dibedakan berdasarkan tujuan, yaitu :

  1. Fungsi praktis: Bahasa digunakan sebagai komunikasi dan interakis antar anggota masyarakat dalam pergaulan hidup sehari-hari.
  2. Fungsi kultural: Bahasa digunakan sebagai alat untuk menyimpan, menyebarkan dan mengembangkan kebudayaan.
  3. Fungsi artistik: Bahasa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan rasa estetis (keindahan) manusia melalui seni sastra.
  4. Fungsi edukatif: Bahasa digunakan sebagai alat menyampaikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Fungsi politis: Bahasa digunakan sebagai alat untuk mempusatkan bangsa dan untuk menyelenggarakan administrasio pemerintahan.

Bahasa sebagai alat komunikasi

Melalui Bahasa, manusia dapat berhubungan dan berinteraksi dengan alam sekitarnya, terutama sesama manusia sebagai makhluk sosial. Manusia dapat memikirkan, mengelola dan memberdayakan segala potensi untuk kepentingan kehidupan umat manusia menuju kesejahteraan adil dan makmur. Manusia dalam berkomunikasi tentu harus memperhatikan dan menerapkan berbagai etika sehingga terwujud masyarakat yang madani selamat dunia dan akhirat. Bahasa sebagai alat komunikasi berpotensi untuk dijadikan sebagai sarana untuk mencapai suatu keberhasilan dan kesuksesan hidup manusia, baik sebagai insan akademis maupun sebagai warga masyarakat. Penggunaan bahasa yang tepat menjadikan seseorang dalam memperlancar segala urusan. Melalui bahasa yang baik, maka lawan komunikasi dapat memberikan respon yang positif. Akhirnya, dapat dipahami apa maksud dan tujuannya.

Sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan

Dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa berfungsi sebagai wahana untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan sekecil – kecilnya, sehingga kita dapat menguasai informasi tersebut. Penggunaan bahasa pengantar pada buku-buku yang dipakai dalam memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Sumber:



Curriculum Vitae



  • Data Pribadi

Nama                            : Bayu Putra Pratama
Tempat, Tanggal Lahir    : Ponorogo, 22 Maret 1992
Jenis Kelamin                 : Laki - laki
Agama                          : Islam
Kewarganegaraan           : Indonesia
Alamat                          : Perum, Tamansari Bukit Damai blok c6/20
                                        Desa Curug, kec gunung sindur, Bogor
Telephone                     : 087876773373


  • Latarbelakang Pendidikan

Formal
1998 – 2004      : SDN Gunung Sindur I Bogor
2004 – 2007      : SMPN Gunug Sindur I Bogor
2007 – 2010      : SMA Al-Hasra Depok
2010 – sekarang : Universitas Gunadarma Program S1 Sistem Informasi

Non Formal
2012                 : Kursus Game Design 


  • Kemampuan 

* Programing Visual Basic, Pascal, Q-Basic, C++
* Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)


Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Atas perhatian bapak/ibu, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.


            Hormat saya,


       (Bayu Putra Pratama



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rockinstreet - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger